Beda Stres Pria dan Wanita

Stres bisa menimpa siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun pria dan wanita memiliki faktor penyebab stres yang berbeda. Siapa yang lebih banyak stres, pria atau wanita? Dan siapa yang lebih gemuk setelah stres, pria atau wanita?

Sebuah studi melaporkan bahwa kebanyakan wanita akan stres ketika bermasalah dengan keuangannya, hubungan pribadi dan sosial, keluarga serta tekanan pekerjaan.

Berbeda dengan wanita, pria lebih banyak stres dan bertambah berat badannya karena dua faktor yang keduanya bermula dari masalah pekerjaan, yaitu ketika mereka tidak bisa membuat suatu keputusan dan karena tidak bisa belajar suatu keahlian baru.

Dari sisi pertambahan berat badan, wanita dan pria memiliki perbedaan yang jauh ketika dihadapkan pada situasi stres. Peneliti menemukan bahwa wanita akan bertambah berat badannya dibanding pria.

Studi yang dilakukan oleh Harvard’s School of Public Health dan dipublikasikan dalam The American Journal of Epidemiology melibatkan 1.355 pria dan wanita di Amerika Serikat dan dilakukan selama kurang lebih 9 tahun.

Dugaan para peneliti, wanita lebih banyak mengonsumsi makanan atau ngemil dan juga menyendiri serta menangis jika sedang stres sehingga pola makannya menjadi tidak teratur.

Sedangkan pria lebih banyak menghabiskan diri dengan teman-temannya atau bermain musik jika sedang stres, meskipun ada juga yang lari pada makanan seperti yang dilakukan para wanita.

Untuk menghilangkan stres, para peneliti pun menyarankan agar melakukan langkah-langkah pengurang stres sekaligus mengurangi berat badan penderita stres.

1. Hati-hati dan hindari sebisa mungkin semua faktor penyebab stres
2. Cobalah berolahraga sebagai satu bentuk penghilang stres
3. Lakukan latihan pernafasan secara rutin, meditasi atau yoga
4. Makan seimbang dan bergizi
5. Tidur yang cukup, setidaknya 7 jam semalam
6. Cari terapis, psikolog, ahli gizi atau atau tempat berkonsultasi jika mengalami masalah serius dengan berat badan dan stres
7. Minum multivitamin setiap harinya untuk menguatkan stamina dan mengalahkan stres, terutama yang banyak mengandung antioksidan

DetikHealth

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails